Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak- Pola makan tidak teratur dan kurang beristirahat seringkali membuat perut menjadi kembung. Perut kembung sering membuat seseorang merasa tidak nyaman dan membuat seseorang kesulitan dalam melakukan aktivitasnya kembali.

Perut kembung tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, anak-anak, hingga balita pun sering mengalami perut kembung. Namun banyak cara dalam mengatasi dan menetralisir perut kembung yang diderita.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak

1. Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak bayi:

Jika bayi dan anak-anak Anda mengalami perut kembung, dengan cara :

  • Menggosok perut bayi atau anak dengan perlahan menggunakan minyak kayu putih atau minyak telon.
  • Diberi minum air hangat atau mengelapkan tubuh bayi atau anak dengan handuk kecil yang telah direndam air hangat.
  • Atau dengan cara alami yakni dengan bawang merah yang tumbuk kasar dan dicampur dengan minyak telon, kemudian balurkan ke bagian perut hingga bagian punggung anak.

2. Mengatasi perut kembung pada orang dewasa

  • Ambillah 5 helai daun delima putih dan 1/2 gelas air. Cuci bersih bahan-bahan sambil diremas-remas. Tambahkan air, lalu masak mendidih. Setelah dingin, saring. Minumlah airnya sampai habis dan lakukan 3 kali sehari.
  • Ambillah 1/2 jari rimpang temulawak, 1/2 jempol buah asam jawa, 1/2 jempol gula aren dan 1/2 gelas air. Setelah itu, cuci bersih temulawak, lalu parut. Tambahkan asam jawa dan air, kemudian peras. Tambahkan gula aren ke dalam air hasil perasan, lalu aduk hingga tercampur rata. Minum tiap pagi dan sore hari hingga sembuh.

Cara mengatasi perut kembung pada anak bisa Anda lakukan dengan menggunakan minyak gosok yang hangat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengompres perut dengan menggunakan air hangat. Namun ada juga suatu keadaan dimana Anda tidak bisa membawa alat kompres Anda setiap saat. Maka Anda bisa melakukannya dengan cara menggunakan minyak gosok hangat. Salah satu minyak gosok hangat yang bisa dipakai adalah menggunakan minyak kayu putih untuk membuat perut Anda menjadi terasa lebih hangat.

Selain itu, cara mengatasi perut kembung pada anak adalah dengan menghindari jenis makanan yang menghasilkan gas. Terdapat beberapa jenis makanan dan juga minuman yang bisa memicu munculnya gas di dalam lambung. Dan untuk sementara, cobalah untuk menghindari konsumsi makanan dan juga minuman jenis ini, yakni salah satunya adalah minuman dingin, es krim, minuman yang mengandung soda, makanan pedas, dan juga kacang-kacangan seperti jenis kacang tanah, kacang polong dan sayur buncis serta kol. Selain itu cara mengatasi perut kembung pada anak dengan cara alami adalah dengan menghindari jenis aneka produk sapi yang melalui proses intoleransi laktosa. Makanan yang berlemak dan jenis makanan yang digoreng juga bisa memicu terjadinya perut kembung pada anak.

Jika anak mengalami masalah perut kembung, maka cara mengatasi perut kembung pada anak secara tradisional adalah dengan memberikan mereka air minum hangat. Karena minuman hangat bisa membantu untuk menyamankan perut yang terasa kembung dan bisa memancing sendawa atau juga kentut. Gunakanlah geklas, dan kemudian minum dari gelas berarti hal ini membuat udara ikut masuk lebih sedikit jumlahnya dibandingkan dengan minum melalui sedotan atau juga minum dari botol yang lubangnya kecil.

Cara mengatasi perut kembung pada anak adalah dengan tidak terburu-buru saat makan atau juga minum. Karena terburu-buru saat menelan akan membuat jumlah gas yang masuk ke dalam tubuh juga akan menjadi semakin banyak. Maka cara yang dilakukan adalah minta anak untuk mengunyah makanan dengan pelan-pelan sampai lembut. Sebaiknya jangan langsung makan dengan jumlah yang banyak karena hanya akan membuat orang pencernaan Anda menjadi bekerja lebih keras lagi.

Memberikan anak yoghurt merupakan salah satu cara mengatasi perut kembung secara alami. Produk olahan susu ini merupakan produk yang kaya akan probiotik dan juga bakteri yang baik. Dan jenis bakteri yang ada di dalam yoghurt bisa membantu untuk membuat saluran pencernaan bekerja lebih optimal, selain itu bisa membantu menekan pertumbuhan dari bakteri jahat dan bisa membantu meredakan gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan yang ringan. Mengombinasikan yoghurt dengan menggunakan potongan buah yang segar atau juga dibentuk dalam smoothie agar membuat anak menjadi lebih bersemangat untuk meminumnya.

Sebaiknya kurangi asupan gula. Karena beberapa jenis makanan yang mengandung gula akan menjadi lebih sulit untuk bisa dicerna. Makan makanan yang mengandung gula dengan jumlah yang banyak akan menyebabkan produksi gas di dalam perut akan mengalami kenaikan. Hal inilah yang kemudian menyebabkan munculnya perut kembung dan perut menjadi sakit. Segala bentuk jenis makanan yang mengandung kandungan gula seoerti permen dan juga beberapa jenis buah-buahan tertentu bisa menyebakan terjadinya perut kembung.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak


=====================================

>>> Cara Mengobati Perut Kembung dan Mengatasi Penyebab Perut Kembung Dengan Nutrisi Gandum Talbinah, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Mengatasi Perut Kembung and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>