Mengatasi Masalah Perut Kembung

Perut kembung adalah suatu kondisi saat gas terkumpul di dalam lambung atau usus melebihi keadaan normal, menimbulkan perasaan yang tidak enak, dan ada kalanya disertai sakit. Penyeba dari penyakit perut kembung ini adalah beberapa gas tertelan bersama makanan, seperti gas nitrogen maupun oksigen. Selain itu, juga karena adanya gas karbondioksida, hydrogen, dan metan yang dihasilkan oleh peragian zat karbohidrat dan selulosa oleh baiteri usus.  Perut kembung juga dapat dikarenakan oleh air. Cairann air di dalam tubuh tidak tersalurkan dengan baik, karena fungsi limpa tidak baik sehingga menumpuk di dalam lambung. Perut berbunyi dan membesar seperti ada air didalamnya. Keempat anggota badan membengkak. Warna kulit agak mengkilap, kencing sendikit dan napas agak pendek, perut jika ditekan terasa enak. Itu semua merupakan gejala dari perut kembung karena air.  Hal yang harus dialkukan adalah cara mengatasi masalah perut kembung  ini.

Mengatasi Masalah Perut Kembung

Mengatasi Masalah Perut Kembung

Perut kembung karena emosu tidak tersalurkan juga bisa terjadi. Perasaan  jengkel, marah, sedih, dan tekanan emosi lainnya yang berkeoanjangan dan tidak tersalurkan menimbulkan hawa menumpuk di dalam tubuh. Organ yang terganggu terutama adalah hati. Hati tidak bisa mengatasi tekanan atau pengaruh jelek lambung . Ketidakseimbangan tersebut menyebabkan perut kembung.  Gejala yang dirasakan pada penyebab perut kembung ini adalah badan kurus, kalau perut ditekan seperti ada yang naik disekitar dada, terasa ada gumpalan-gumpalan, perut bengkak, kadang-kadang terasa ringan, lain kali terasa berat.  Cara mengatasi masalah perut kembung ini tidak harus dengan selalu mengonsumsi obat dokter.

Ada penderita yang kemudian selalu bergantung pada obat-obat penetral asam (antasida) tanpa bersedia mencari penyebabnya untuk mengatasi masalah perut kembung ini. Dengan begitu gejala yang muncul setiap hari akan dianggap kecil dan membiarkannya terlalu lama. Padahal gangguan lambung ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi. Komplikasi tersebut antara lain timbulnya parut-parut luka pada lambung, dapat mempersempit saluran kerongkongan, bahkan “Esofagus Barret” yang merupakan tanda dini adanya proses keganasan atau kanker.

Banyak obat-obatan yang dijual bebas, ditawarkan sebagai anti kembung maupun untuk mentralkan asam lambung. Dokter pun akan memberikan obat-obatan semacam ini. Namun lebih baik jika dapat mengatasinya tanpa menggunakan obat, melainkan mengubah pola kebiasaan salah yang dapat menyebabkan gangguan lambung tersebut.

Mengatasi Masalah Perut Kembung sehabis makan seyogyanya tidak segera berbaring, tetapi menunggu dulu sampai kira0kira 2-3 jam. Lebih baik makan sedikit tetapi berangsur-angsur daripada sekaligus dalam jumlah banyak. Sedapat mungkin hindarkan atau kurangi kebiasaan minum-minuman mengandung alkohol, kafein, dan merokok.  Meninggikan bagian kepala jika sedang tidur, kira-kira 15 sentimeter , misalnya mengganjalkan dengan bantal, merupakan kebiasaan baik daripada tidur tanoa batal. Jagalah dada agar tetap diatas, sehingga mengurangi kemungkinan cairan asam lambung mengalir ke kerongkingan ketiksa sedang terlentang.

Mengatasi perut kembung secara alami adalah dengan makan buah nanas. Dengan mengonsumsi nanas maka bisa membantu mengurangi resiko terjadinya perut kembung. Karena kandungan enzim bromelain yang ada di dalam nanas bisa membantu untuk memecah protein di dalam tubuh serta bisa membantu untuk meringankan sistem pencernaan, sehingga akan membantu mengurangi perut kembung. Anda bisa langsung makan atau nanas bisa Anda jus.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu mengatasi perut kembung:

  1. Jahe
    Jahe merupakan salah sat bumbu dapur yang bisa membantu mengatasi perut kembung. Cara mengatasi masalah perut kembung dengan menggunakan jahe adalah siapkan 3 potong jahe kemudian dibersihkan dan setelah itu pukullah sampai gepeng, kemudian masukkan ke dalam air yang berisi air panas, dan ditambahkan dengan gula kemudian diaduk sampai merata. Segera minum air ramuan ini dalam keadaan hangat.
  2. Labu kuning
    Cara mengatasi perut kembung secara tradisional adalah dengan menggunakan perut kembung. Labu kuning ternyata mempunyai manfaat untuk membantu memulihkan masalah perut kembung dan tidak hanya untuk membant menyembuhkan luka saja, namun labu kuning juga bisa membantu untuk menghindarkan gas yang berlebihan di dalam perut, dan labu bisa dipanggang, bisa juga dikukus, atau bisa juga dibuat sebagai sup sayur dan disajikan berbarengan dengan makanan yang lainnya.
  3. Bumbu makanan
    Cara mengatasi perut kembung menggunakan bumbu makanan adalah dengan menggunakan bumbu rempah yang bisa Anda tambahkan ke dalam makanan untuk membantu meringankan pencernaan dan juga mengurangi gas di dalam perut Anda. Anda bisa menambahkan rosemary dan juga kemangi yang bisa Anda campurkan ke dalam bahan makanan tertentu yang bisa membant menghasilkan gas misalnya adalah seperti kacang atau juga brokoli, rempah-rempah lainnya yang efisien untuk membantu mengurangi masalah perut kembung yakni seperti kunyit, cengkeh, ketumbar, dan juga kapulaga.

Itulah informasi mengenai perut kembung dan cara mengatasi perut kembung dengan alami. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Mengatasi Masalah Perut Kembung


=====================================

>>> Cara Mengobati Perut Kembung dan Mengatasi Penyebab Perut Kembung Dengan Baik dan Secara Herbal, Alami, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Mengatasi Perut Kembung and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *