Penyebab Perut Kembung

Ketidakcocokan makanan dapat membuat perut kembung, wakaupun hal ini bukan merupakan kejadian yang umum seperti yang Anda kira. Jika penyebab perut kembung adalah makanan yang tidak perlu dimakan, Anda bisa berhenti mengonsumsi makanan tersebut selama beberapa minggu untuk merasakan perubahannya. Jangan mengurangi semua makanan dalam satu kelompok makanan, seperti produk susu, atau makanan yang sulit dihindari seperti padi-padian. Cobalah melihat reaksi tubuh Anda dengan mengurangi konsumsinya. Catat setiap kali Anda merasa perut kembung untuk melihat hubungannya dengan makanan tertentu, lalu konsultasikan hal ini dengan dokter untuk direkomendasikan ke ahli gizi.

Jika penyebab perut kembung karena gas, meminum air putih hangat dapat menghilangkan gas dengan cepat. Teh yang dibuat dari biji anis, caraway, kayu manis, atau pepermin juga dapat mengatasi perut kembung. Sebagai alternative, cobalah memijat perut Anda dengan kepalan tangan searah jarum jam atau mengonsumsi biscuit atau tablet arang. Jika Anda tidak dapat mengancingkan celana jins hingga saar haid, berarto gejala retensi cairan yang Anda alami merupakan bagian dari premenstrual syndrome (PMS). Pola makan tidak teratur dan kurang beristirahat seringkali membuat perut menjadi kembung. Untuk mengobati perut kembung, ambillah 5 helai daun delima putih, dan ½ gelas air. Cuci bersih bahan-bahan sambil diremas-remas. Tambahkan air lalu masak hingga mendidih. Setelah dingin, saring. MInulah airnya sampai habusa dan lakukan 3 kali sehari.

Mengatasi penyebab perut kembung dengan mengambil ½ jar rimpang temulawak, ½ jempol buah asam jawa, ½ jempol gula aren, dan ½ gelas air. Setelah itu, cuci bersih temulawak, lalu parut. Tambahkan asam jawa dan air, kemudian peras. Tambahkan gula aren ke dalam air hasil perasan, lalu aduk hingga tercampur rata. Minum tiap pagi dan sore hari hingga sembuh.

Kembung dapat terjadi pada bayi dan anak-anak. Kembung dapat disebabkan oleh makanan yang mengandung gas dan merangsang, misalnya minuman soda, makanan asam, dan makanan pedas. Kembung dapat pula dipicu oleh adanya bakteri. Anak yang mengalami kembung akan mengeluh rasa tidak nyaman di perut. Perut juga tampak membesar, keras  dan tegang. Bila anak kembung lakukanlah hal berikut ini :

  1. Olesi perut dan punggung anak dengan minyak kayu putih
  2. Berikan makanan dan minuman yang hanbgat untuk merangsang keinginan buang angin
  3. Mintalah anak untuk mencari posisi yang memudahkan buang angin misalnya berjongkok.
  4. Untuk mencegah kembung, hindari berbicara ketika makan dan kunyah makanan dengan mulut tertutup agar udara tidak tertelan. Hindari pula makanan yang banyak mengandung gas, seperti kol, sawi, nangka, durian, dan minuman bersoda.

 


=====================================

>>> Cara Mengobati Perut Kembung dan Mengatasi Penyebab Perut Kembung Dengan Nutrisi Gandum Talbinah, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Mengatasi Perut Kembung and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>