Perut Kembung Pada Bayi

Perut kembung pada bayi seriing terjadi. Keadaan ini membuat bayi tidak nyaman, seringkali membuat bayi menolak mengisap ASI atau sebaliknya mengisap ASI berleihan untuk mengurangi rasa tidak nyamannya. Sayangnya semakin lama bayi melakukan itu, semakin parah kembungnya. Kembung terjadi karena terlalu banyak udara masuk ke dalam pencernaan bayi saat ia menyusui atau menangis, atau saat udara dingin. Ada pula kembung yang disebabkan gangguan ginjal atai pencernaan tetapi ini jarang terjadi pada bayi. Untuk mengetahui apakah perut kembung pada bayi, rabalah perutnya. Perut kembung sedikit keras dibandingkan perut normal. Selain itu perut kembung sering mengeluarkan suara-suara seperti udara bergerak dan jika perut ditepuk akan terdengar suara “bung-bung”. Sebaiknya jangan terlalu sering menepuk perut bayi kembung meskipun tepukan itu pelan.

Perut Kembung Pada Bayi

Perut Kembung Pada Bayi

Perut kembung pada bayi sesuatu yang perlu dikhatwatirkan kecuali jika terus menerus dan mambuat bayi manangis keras. Untuk menangani perut kembung pada bayi, sendawakan bayi agar udara diperutnya keluar. Balurkan minyak telon diperut, punggung juga kakinya. Selain itu ganti baju bayi yng basah oleh keringat dengan baju kering. Gunakan gurita agar bagi lebih hangat, tetapi jangan mengtikatnya terlalu keras. Ada sejumalh penyebab mengapa bayi kembung.kebanyakan lantaran kerja system pencernaan kurang lancar. Usus malas memilin, udara banyak tertelan selama menyusu atau menelan makanan, selain gas yang terbentuk di usus mungkin berlebihan. Gas dalam saluran pencernaan terbentuk akibat pilihan jenis makanan tertentu, selain bila terjadi gangguan penyerapan (melabsorpsi). Khususnya tak cocok susu (lactose intolerance).

Bayi dengan gangguan saluran napas atas, sedang batuk pilek, misalnya pencernannya biasanya ikut terganggu pula. Mungkin terjadi diare, muntah, atau kembung juga. Selama gangguan pencernaannya hanya suatu gangguan fungsi, dan bukan ada gangguan struktur atau kelainan bawaan,beberapa obat dapat dipilih. Memilih obat kimiawi tentu tidakk dapat dilakukan oleh setiap orang. Obat dokter perlu ditebus dengan resep, karena tidak boleh sembarang diberikan. Termasuk untuk kasus bayi muntah, dan kembung. Kita tahu obat kimiawi bukan tanpa efek samping.

Selain obat dokter (ethical) beberapa jenis herbal ditawarkan untuk meredakan perut kembung pada bayi. Satu diantaranya adalah minyak biji jinten hitam (nigella sativa). Dari sebuah kajian ilmiah tentang khasiat jinten hitam terungkap kalau tanaman berkhasiat yang sudah dikenal ribuan tahun ini terbukti mengandung sejumlah zat berkhasiat. Salah satu khasiat jinten hitam dikenal dapat membantu pencernaan selain mengurangi masalah usus.

Cara mengatasi perut kembung pada bayi adalah dengan cara alami, beberapa diantara cara mengatasi perut kembung pada bayi adalah :

  1. Memberikan bayi Anda jenis makanan dengan posisi yang tepat. Disaat Anda sedang memberikan bayi Anda menggunakan susu botol atau menggunakan dot, maka jagalah untuk tetap menjaga kepala bayi agar posisinya lebih tinggi dibandingkan perutnya. Dengan cara seperti ini maka susu akan lebih mudah masuk ke bagian bawah perut dan udara yang masuk pada atas perut akan membuat bayi menjadi lebih mudah untuk bersendawa. Hal yang paling penting juga adalah ujung bagian bawah botol sedikit naik, sehingga tidak ada udara atau juga gelembung udara pada bagian dot bayi.
  2. Sebaiknya mengganti dot botol. Jika bayi Anda menggunakan susu dot maka cobalah untuk mengganti dotnya menggunakan lubang yang lebih kecil untuk membantu menjaga agar tidak banyaknya udara yang masuk yang menyebabkan tertelan udara oleh bayi.
  3. Cobalah gerakkan bayi yang mengalami peut kembung agar bisa dengan mudah bersendawa. Cara mengatasi perut kembung pada bayi dengan menggunakan banyak posisi. Sebaiknya jangan membiarkan bati Anda terbaring hanya dengan posisi dan sebaiknya jangan terus menerus digendong dengan menggunakan posisi yang sama, disaat bayi sedang mengalami perut kembung maka berbaringlah dan usahakan sedikit lebih miring ke bagian kiri atau bagian kanan dengan lebih hati-hati. Dan dengan lembut untuk membantu menepuk dan juga menggosok punggung bayi. Jika Anda menekan perut bayi Anda, maka lebih banyak gas yang kemudian keluar, dan bisa membuat bayi Anda menjadi lebih nyaman, namun sebaiknya hal ini dilakukan dengan lebih hati-hati.
  4. Jika bayi Anda mengalami perut kembung dan tidak bisa bersendawa setelah makan atau juga setelah menyusui, maka cara mengatasi perut kembung pada bayi adalah membuat posisi bayi jangan sampai terbaring ditempat tidur dengan waktu lama sekitar 5-10 menit dan cobalah melakukan hal ini dengan berulang kali. Hal ini mungkin saja akan membuat udara terpisah dari susu. Disaat Anda sedang menggendong bayi Anda, maka udara mungkin pada atas isi perut dan akan menjadi lebih mudah untuk bayi dalam bersendawa.

Itulah informasi mengenai perut kembung pada bayi dan cara mengatasi perut kembung pada bayi dengan cara alami. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Perut Kembung Pada Bayi


=====================================

>>> Cara Mengobati Perut Kembung dan Mengatasi Penyebab Perut Kembung Dengan Nutrisi Gandum Talbinah, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Mengatasi Perut Kembung and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>